PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PADEMAWU PAMEKASAN

DJUHAIRIYAH - Nama Orang;

ABSTRAK

Djuhairiyah, 2013, Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi CTL, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam


Pendidikan Agama Isalam yang berjalan di sekolah selama ini masih dianggap kurang berhasil. Pendidikan Agama yang diberikan lebih banyak menyentuh pada aspek kognitif, belum sampai pada aspek afektif dan psikomotorik, akibatnya peserta didik hanya dapat mengerti agama, tetapi belum sampai pada tingkat aksi. Pendekatan yang digunakan masih bersifat tradisional yang lebih sering berpusat pada guru (Teacher center) bukan berpusat pada siswa sehingga pembelajaran terasa membosankan kurang menarik bagi siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah strategi dalam proses pembelajaran selama ini yaitu berpusat pada siswa dan peran guru sebagai fasilitator, dan pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan salah satu alternative untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan strategi ini diharapkan pembelajaran PAI lebih mudah diimplementasikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan; kedua, Apa saja kendala penerapan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PAI, siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan anggota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan sudah diterapkan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari penerapan masing-masing komponen atau aspek pembelajaran kontekstual yang ada, yaitu; konstruktifisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik..Kedua, ada beberapa kendala dalam penerapan strategi CTL ini diantaranya, (1) fasilitas sarana dan prasarana kurang memadai, (2) beragamnya kemampuan siswa, (3) kurangnya jam pelajaran PAI, (4) sebagian guru yang belum mengerti pelaksanaan strategi CTL.
Agar penerapan strategi CTL ini dapat berjalan secara efektif dan optimal maka diperlukan mengembangkan inovasi dalam memilih metode pembelajaran yang tepat khususnya mengarah pada pendekatan kontekstual, selain itu perlu adanya sumber belajar yang beragam.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura Belum memasukkan lokasi
112013202
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: N/A., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
skripsi PAI 2013
Info Detail Spesifik
247
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?