PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pelaksanaan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di Sekolah Dasar Islam al-Fahmiyah Teja Barat Pamekasan

Antong Amiruddin - Nama Orang;

ABSTRAK
Amiruddin, 2013. Pelaksanaan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di Sekolah Dasar Islam al-Fahmiyah Teja Barat Pamekasan.Skripsi, JurusanTarbiyah, Program Studi PAI, SekolahTinggi Agama IslamaNegeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah Har, M.Ag.

Kata Kunci:Belajar mandiri, Kreativitas belajar

Skripsi ini membicarakan masalahBelajar Mandiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di Sekolah Dasar Islam al-Fahmiyah Teja Barat Pamekasan, sehingga ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Petama, bagaimanapelaksanaanmetode belajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dan Keduahambatan dan solusi yang dilakukan dalam penerapan metode belajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, denganjenisanalisisdeskriptif.Pengumpulan data didapatolehpenelitimelalui interview, observasidananalisis dokumentasi.Adapuninformanatausubjekdaripenelitianiniadalahkepala madrasah, guru, dan siswa yang ada di lembaga al-Fahmiyah, sedangkanteknikyang digunakanuntukmengecekkredibilitas data dalam penelitian ini adalahperpanjangankehadiranpenelitidanobservasimendalam.
Dari hasil penelitian dapat dipaparkan pertama,pelaksanaanbelajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits adalah 1) belajar mandiri sangat efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar, 2) bergantung kepada kemampuan para guru untuk mengelola, 3) menggunakan metode yang bervariatif agar siswa bisa belajar dengan senang.
Kedua, Hambatan dan solusi yang dilakukan dalam penerapan belajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits adalah 1) SDM yang kurang bagus, 2) Minimnya kemampuan guru untuk kreatif, 3) kuranganyasarana dan prasarana pendidikan, 4) siswa yang tidak bisa baca tulis arab, 5) kesulitan menghafal tulisan arab, 6) kesulitan untuk mengingat lafal arab karena terkadang tidak mengerti artinya dan maksudnya.
Sedangkan solusi alternatif yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut diantaranya adalah 1) berupaya lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas pendidikan, 2) memberi pelatihan dan masukan atau rapat bersama, 3) berupaya untuk melengkapi persoalan sarana dan prasarana, 4) membimbing mereka para siswa lebih intensif, 5) lebih telaten lagi dalam melaksanakan pengajara, 6) Mereka para siswa yang ada dilatih untuk bisa menghafal secara perlahan.
Sehingga dengan demikian diharapkan, dari hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademik di sekolah, praktisi pendidikan dan pembaca untuk 1) Bagi guru, dalam melaksanakan tugas pengajaran hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang profesional, 2) Penggunaan metode mengajar hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan serta situasi dan kondisi, 3) Melakukan kegiatan pembelajaran dengan penuh keiklasan dan tanggung jawab.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura Belum memasukkan lokasi
112013180
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: N/A., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
skripsi PAI 2013
Info Detail Spesifik
180
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?