Kata Kunci: Pemanfaatan Smartphone, Pembelajaran, Perilaku Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan smartphone untuk siswa sebagai media eletronik yang paling diminati di era modern ini. Selain mudah untuk dibawa kemana-mana, smartphone juga menyediakan berbagai fitur seperti google, media sosial, rekaman audio, dan video. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik…
Kata Kunci : Metode Drilling, Mengatasi Kesulitan Membaca. Rendahnya hasil belajar peserta didik karena pembelajaran yang masih bersifat stagnan dengan metode ceramah yang mendominasi sehingga menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan serta materi yang diberikan hanya tersimpan dalam memori saja tanpa adanya pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan dan m…
Kata Kunci : Dzikir Manaqib, Pembinaan, Narkoba. Salah satu pengaruh dari globlisasi dan moderanisasi yakni kejahatan internasional yang sering kali disebut dengan narkoba. Dzikir manaqib sebagai pembinaan kerohanian pada pelaku penyalahgunaan narkoba dilakukan dengan berbagai cara yaitu termasuk metode membaca teks suci Al-Qur'an dan dzikir khusus agar supaya bisa menenangkan hati dan fik…
Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Pengelolaan program bimbingan belajar sebagai upaya peningkatan kualitas belajar siswa di LBB Karunia Delapan Belas Batang-Batang Sumenep adalah serangkaian kegiatan yang meliputi proses menyusun rencana, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar dalam rangka untuk mencapai target dan tujuan yang telah d…
Kata Kunci: Nilai Religius, Novel Karya sastra merupakan media bagi seorang penulis untuk menyampaikan sebuah pesan atau nalai-nilai seperti nilai religius yang terkandung di dalam karya sastra. Salah satunya seperti karya sastra berupa novel yang memiliki daya tarik tersendiri dalam menyampaikan sebuah pesan atau nilai-nilai seperti dalam menyampaikan nilai-nilai religius yang terkand…
Kata Kunci: Hasil Belajar, Video Pembelajaran Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPS 2) untuk membuktikan penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu …