Text
Implikasi Pemikiran Tasawuf di MTs (Studi Kasus Pendidikan Akhlaq di MTs Darul Akhlaq Desa Toronan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Skripsi Fakultas Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
FATHOR, 2011 Implikasi Pemikiran Tasawuf di MTs (Studi Kasus Pendidikan Akhlaq di MTs Darul Akhlaq Desa Toronan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Skripsi Fakultas Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan , Pembimbing Drs. H. M. Rasyid Ridla, M.Ag
Kata kunci : Pemikiran Tasawuf, Pendidikan Akhlaq
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Implikasi Pemikiran Tasawuf di MTs (Study Kasus Pendidikan Akhlaq MTs Darul Akhlaq Desa Toronan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan akhlaq siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Akhlaq Desa Toronan Pamekasan.
Jenis penelitian skripsi ini adalah Kualitatif dengan menggunakan metode Lapanga dengan metode Deskriptif Analisis dan Analisis Isi ( Content Analisis). Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif, indukatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan mutualistis antara ajaran tasawuf dalam pendidikan akhlaq pada umumnya. (1) Ajaran maupun nilai yang dikembangkan dalam tasawuf mempunyai relevansi dengan proses pendidikan akhlaq. Tasawuf pada intinya adalah akhlaq. Sedangkan akhlaq harusnya mengenai segala aspek kehidupan, tidak hanya pada ritual ibadah. Oleh karena itu, ajaran tasawuf sangat mengutamakan adab dan nilai, baik yang berhubungan dengan Tuhan maupun manusia dengan manusia. Sebagai pengaktualisasiannya, ajaran tersebut bertugas membahas soal-soal yang bertalian dengan akhlaq dan budi pekerti, bertalian dengan hati, yaiatu cara-cara ikhlas, khusyu’ tawadhu’, muraqabah, sabar, ridha, tawakal, dan seluruh sifat yang terpuji yang berjalan dengan hati. (2) Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pendidikan akhlaq siswa adalah; Faktor keteladanan, maksudnya keluhuran nilai akhlaq itu telah terimplementasi dalam bentuk sikap dan tingkah laku pada guru. Faktor lingkungan sekolah di mana siswa belajar dan di mana siswa berinteraksi sosial, karena dari lingkungan itulah setiap individu mendapatkan nilai-nilai sosial dan atau budaya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru/tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Darul Akhlaq Desa Toronan Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain